(baca dulu part 1 nya) lanjuuutttt.....
nah sekarang mulai membuat..
Untuk nambah texture yg bakal di pake pada saat bikin map klik tools-options-textures-add wad klik folder dimana kamu nyimpen halflife.wad (harus file bertipe wad). kalo belom ada, silahkan cari aja di goolge, di folder cstrike juga ada kok.. Untuk tambahan texture, silahkan klik semua file wad di folder cstrike.
Bikin Map pertamamu
Untuk bikin map pertama mu kamu harus ngeklik blok tools di menu sebelah kiri Valve Hammer Editor seperti gambar berikut:
Di gambar terdapat beberapa alat, salah satunya adalah Block Tool (Cari aja sendiri!)
1. Klik File-New
2. Ketika baru klik new, layar akan terlihat seperti gambar di atas. Pada bagian paling bawah sebelah kanan pada layar, pasti ada bacaan Snap: On Grid 64. Ubah itu menjadi Snap: On Grid 16 (ndak tau apa gunanya, kalau ak bkin arena cs. bagian ini nya ak lewati)
3. Klik block tool bikin balok dg cara tekan (jangan dilepas) tombol kiri mouse sehingga membentuk balok pada layar “top (x/y)”, “side (x/z)”, “front (y/z)”. lalu tekan enter
lalu klik kanan di balok yg bru saja di buat, dan klik hollow, trus tulis angka 12. (ini arena Indoor) balokny harus cukup besar yaa..
4. Untuk mengganti texture klik bangunan yg udah dibangun lalu klik texture tool seperti gambar tadi
Pada gambar, texture tool tepat berada di bawah block tool. Lalu klik browse untuk memilih tekstur klik enter. klik fix agar textur pas dengan bangunan.
5. Untuk mengganti bentuk bangunan, klik block tool (biasanya berjenis blok) lalu klik tab sebelah kanan dibawah tab categories pilih spike supaya bentuk bangunan yg ingin dibangun berbentuk ujung tombak, pilih cylinder supaya bangunan yg akan dibangun berbentuk seperti tabung,dll
nah jangan lupa untuk buat tempat spawnnya... caranya click etinity tool pilih : ( DI SEBELAH KANAN, ada tulisan ambient_generic ubah jadi.. lihat di bawah)
untuk CT: info_player_start
untuk T: info_player_deathmatch
kalo mau type hostage rescue tinggal di tambah kan etinity
hostage_etinity (hostage)
info_hostage rescue (tempat rescue)
untuk type bomb defuse... tmabah ini aj.. (kalo bomb defuse, jngan tmbah kan etinity di atas)
info_bomb_target
untuk gabungan hostage rescue sama bomb defuse... tinggal campurkan semua etinity tadi
usahakan etinity nya tidak sentuh tanah ya....
untuk indoor tambah kan light.. di etinity
nah habis itu tekan f9 untuk compiling nya... inilah gunanya ZHLT...Untuk mengkompilasi map,
1. Simpan dulu map yg sudah lu buat dengan klik File- Save As
2. Klik F9 untuk mengkompilasi dan tampilannya akan seperti ini:
(counter terrorist win!)
Atau klik expert di bagian bawah tab. dan tampilannya akan berubah (saya lebih suka pake yang ini...)
Pada Kolom Configuration (pada tab expert) yg tertulis ” default” ganti itu dengan “Half-Lfe: Counter Strike (full).
3. Klik GO untuk menikmati map anda.
4. selesai
nah sekarang tinggal kreasi kalian sendiri.....
kalo masih bingung cari aja di mbah google....
NB: ini arena indoor, insyaAllah nanti akan share yang out door.....
silahkan maen